RESUME MATERI PKKMB PRODI KESMAS UNUSA 2023

Materi 1 disampaikan oleh narasumber Nadir Wardhana Salama dengan tema "Masa Depan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat di Era Transformasi Kesehatan".

Apa itu sehat? Bagaimana peran kesmas? Menurut WHO, sehat berarti keadaan sejahtera, sempurna dari fisik, mental, dan sosial yang tidak terbatas hanya pada bebas dari penyakit dan kelemahan saja.

Berdasarkan UU No. 17 Tahun 2023, kesehatan adalah keadaan sehat seseorang, baik secara fisik, jiwa maupun sosial dan bukan sekedar terbebas dari penyakit untuk memungkinkannya hidup produktif.

Transformasi kesehatan berdasarkan Undang-Undang ada 4, yakni kuratif (pengobatan), promotif (intervensi), preventif (pencegahan), dan rehabilitatif (memulihkan).

Ketika tidak mengupayakan promotif dan preventif, maka akan kebablasan, terutama pada saat Covid-19. Pencegahan harus dikedepankan. Apabila promotif dan preventif kuat, maka dapat dipastikan sudah siap dengan munculnya penyakit. Saatnya mengambil peran ciptakan makna.

Pergerakan mahasiswa tidak sesempit demonstrasi. Pergerakan mahasiswa merupakan gerakan yang dibentuk akan kesadaran bahwa ada keputusan policy maker dan kondisi sosial masyarakat. Pergerakan mahasiswa didasari pengetahuan disiplin.

Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Jika ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama.

Kelas sebagai pemenuhan teori dan penguasaan konsep, sedangkan organisasi sebagai laboratorium kesehatan masyarakat dan pengembangan skill.

Sebagai mahasiswa baru, sebaiknya kita perlu beradaptasi dengan lingkungan.

Prospek kesmas dapat bekerja di institusi kesehatan (puskesmas, dinas kesehatan, kemenkes, serta kemendagri).

Sebagai mahasiswa kesmas harus menyadari peran kita. Harus tahu apa yang perlu dikontribusikan.

____________________________________________

Materi 2 disampaikan oleh ibu Ulfah Abqari, S.KM., M.SC perwakilan NLR Indonesia dengan tema "Masa Depan Tenaga Kesehatan Masyarakat di Kancah Global".

Gambaran situasi kesehatan global, peluang dan tantangan masa depan. Contoh membaca peluang : Technical expertise leprosy berkurang (butuh regenerasi).

Informasi kesehatan di masyarakat kebanyakan keliru karena mereka tidak memiliki pengetahuan kesehatan. 

Peran Public Health Scolar dapat menjadi CEO (Chief Everything Officer) seperti researcher, junior assistant, dll.

Skill set apa yang perlu disiapkan?
1. Kemampuan bahasa asing
2. Banyak baca informasi
3. Aktif di organisasi dan kolaborasi
4. Membangun networking

Alteration -> Eternal & Fast
We need for speed, agility, and humility.

Agile learning?
Learning is a long process.

Prospek kerja di kancah internasional? Staff WHO, ASEAN, Nutrition internasional, GAIN, Sasakawa Health Foundation, The Global Fund, dll.

Do what you are passionate. Lakukan apa yang kalian senangi. 

Apakah ada kemungkunan tenaga kesehatan masyarakat diganti oleh teknologi? Teknologi digunakan untuk membantu, bukan untuk mengganti. 

Apabila kesmas tergantikan, siapa yang akan mengingatkan masyarakat? Kita sebagai agen dan tugas kita untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

____________________________________________

Visi misi prodi dan pengenalan dosen prodi

Visi 
Menjadi program studi kesehatan masyarakat yang menghasilkan lulusan unggul dan profesional berbasis promotif dan preventif di pesantren, berjiwa wirausaha serta berkarakter islami.

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat berakhlak islami, berjiwa wirausaha, unggul dan professional berbasis promotif dan preventif di pesantren
2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mempunyai kontribusi pada kemajuan IPTEKS berbasis promotif dan preventif di pesantren dan bermanfaat bagi masyarakat.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu kesehatan masyarakat secara profesional untuk melaksanakan program promotif dan preventif di pesantren dan masyarakat.
4. Mengembangkan kerjasama dengan stakeholders baik di tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional.
5. Menyelenggarakan sistem tata kelola berdasarkan asas good governance guna mencapai academic excellence.

____________________________________________

Materi 3 dipaparkan oleh M. Yoto, S. KM, M. Kes., seorang sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dengan tema "Masa Depan Tenaga Kesehatan Masyarakat untuk Indonesia Sehat".

Kita harus jadi public healh leader dalam kehidupan masyarakat yang sehat. 

Kesehatan adalah yang utama. Sehat adalah bagian dari ketahanan negara. Kalau kita menjaga diri kita sehat, maka kita sama saja dengan menjaga ketahanan negara.

Banyaknya orang yang sakit, itu terjadi karena kita lengahi. Tidak menjaga kesempatan dengan baik.

Kita di Kesmas memiliki tugas mulia. Kita ikut menjaga diri untuk berkontribusi masalah anggaran.

Bicara tentanf manajemen kesehatan. Ketika mengambil banyaknya kasus penyakit, kita bicara tentang manajemen data. Sehingga data itu bisa dilihat penyebab tingginya penyakit itu.

Bisa diusulkan ke petinggi untuk pencegahan agar tidak semakin banyak yang menderita.

Prospek karir dapat menjadi health-preneur, freelance, lecturer/educational practicioner, PH professional, dan regulator.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 1 BToPH 2023

PENTINGNYA DONOR DARAH DAN PERAN D4 ANALIS KESEHATAN UNUSA DALAM MEWUJUDKANNYA

POST NEWS PRA BToPH 2 2023