Resume Materi PKKMB FKES UNUSA 2023 : Membentuk Mahasiswa yang Berkarakter APIK melalui Orientasi Pengenalan Kampus

Visi Fakultas Kesehatan :
Menjadi Fakultas Kesehatan Terkemuka, Unggul dibidang Promotif dan Preventif, Profesional, Berjiwa wirausaha dan Berjati diri Islami

Misi Fakultas Kesehatan :
1. Melaksanakan pendidikan akademik dan vokasi di bidang kesehatan promotif dan preventif yang kompetitif, berpikir analitis, kritis, dan inovatif
2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang promotif dan preventif
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
4. Menumbuh kembangkan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa wirausaha yang memiliki integritas dan berjati diri Islami. 
5. Melaksanakan manajemen profesional dalam mengelola fakultas yang berjati diri Islami
6. Menumbuh kembangkan budaya Ahlus Sunnah wal Jamaah An- Nahdliyah dalam kegiatan akademik dan Non Akademik dalam kehidupan masyarakat

Tujuan Fakultas Kesehatan
1. Menghasilkan lulusan pendidikan akademik dan vokasi di bidang kesehatan promotif dan preventif yang kompetitif berpikir analitis, kritis inovatif
2. Menghasilkan penelitian di bidang promotif dan preventif yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang promotif dan preventif yang bertaraf Nasional maupun internasional.
3. Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam program pengabdian masyarakat
4. Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan berjiwa wirausaha yang memiliki integritas dan berjati diri Islami
5. Mewujudkan Fakultas dengan organisasi dan tata kelola yang profesional, bermutu, serta berjati diri Islami

Beberapa sifat yang harus ditumbuhkan mahasiswa, yakni attitude, disiplin, adaptif, produktif, kuat mental, komunikasi, kerja sama, memotivasi, pengendalian diri, kepemimpinan, toleransi, optimis, kepekaan, kerja keras, percaya diri, kreatif, kuat fisik, kepedulian, serta kritis.

Saya pikir setiap mahasiswa, bahkan semua orang setidaknya punya attitude. Karena sepintar apapun orang, kalau tidak punya attitude percuma. 

Tidak ada manusia yang bodoh, yang ada hanya manusia yang tidak mau berusaha. Yang penting adalah attitude dan komunikasi. Sama seperti ketika berbicara kepada dosen. Belajar untuk menggunakan bahasa yang baik dengan siapapun.

Sense of Belonging merupakan perasaan yang ada dalam diri anggota suatu kelompok atau organisasi, yang mana mereka memiliki rasa memiliki dalam kelompok atau organisasi tersebut.

Sense of Belonging sendiri menjadi suatu kebutuhan dasar yang perlu dimiliki manusia, karena sense of belonging terkait dengan keadaan psikoligis dan kesehatan mental, bahkan juga kesehatan fisik seseorang.

Hal ini disebabkan, karena sense of belonging atau rasa memiliku menjadi salah satu pondasi utama yang membentuk identitas diri seseorang dan juga mendorong seseorang untuk dapat termotivasi, agar dapat berpartisipasi dalam suatu kelompok tertentu.

Contoh sense of belonging, ketika kita baru saja bergabung dengan organisasi kegiatan mahasiswa. Jika anda merasa bahwa anggota yang lainnya tidak menyambut anda dengan baik, tidak ramah, bersikap pasif kepada kita, pasti kita merasa bahwa kita tidak diterima dalam organisasi tersebut, dan akhirnya kita pun tidak memiliki rasa sense of belonging.

Sebaliknya, jika kita merasa bahwa anggota organisasi kegiatan mahasiswa tersebut menyambut kita dengan baik, seluruh anggotanya ramah, kita selalu diberikan kesempatan berbicara, dan sebagainya, kita pasti akan merasa diterima, nyaman, dan akan ketika berada di dalam organisasi tersebut. Jika begitu, kita pun akan memiliki rasa memiliku atau sense of belonging, yang kemudian akan mendorong kita untuk termotivasi, agar melakukan segala hal yang terkait dengan organisasi tersebut, atau dengan kata lain memotivasi kita untuk terus berpartisipasi.

Sense of belonging dapat menjadi sebuah kunci untuk mencapai tujuan suatu organisasi  yang mana rasa memiliki tersebut menjadi penggerak bagi para anggotanya untuk memiliki etos kerja yang tinggi, bekerja secara kreatif, profesional, dan maksimal, serta mendorong produktivitas kerja. Hal ini kemudian akan menghasilkan keluaran yang terbaik dari hasil kerja yang luar biasa dari para pekerjanya, dan akhirnya memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk dapat mencapai tujuannya.

5 prinsip yang terkandung dalam sense of belonging (rasa memiliki) :
1. Tanggung jawab 
2. Kepekaan
3. Enterpreneurship
4. Etos kerja yang tinggi
5. Konsisten

Pentingnya sense of belonging
• Sense of belonging salah satu pondasi utama untuk membentuk identitas seseorang
•Kebutuhan emosional yang mempengaruhi kesehatan mental dan fisik
•Sebagai penggerak
•Pengembang hubungan dengan orang lain

Membangun Sense of Belonging Mahasiswa
* Membangun Rasa Percaya
* Samakan Visi Misi yang Dituju
* Proaktif dalam Membangun Budaya Menghargai (Inklusivitas)
* Menghadirkan Benefits

Membangun Rasa Produktif dan Inovatif Mahasiswa
• Komitmen dan keyakinan menjadi mahasiswa yang sukses
• Percaya diri dan ketekunan
• Mengembangkan hardskill dan softskill mahasiswa secara kreatif dan produktif (salah satunya dengan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM))
• Memanfaatkan fasilitas kampus baik indoor maupun outdoor

Manfaat memiliki Sense of Belonging
• Membentuk perilaku positif
• Membentuk etos kerja yang baik
• Membentuk citra organisasi dan loyalitas
• Membuat bahagia dan mengurangi resiko hambatan

Ingat bahwa teriakan berantas kebodohan, menggelikan ketika terluar dari mahasiswa bodoh. Jangan sampai mahasiswa mengulang kesalahan yang dilakukan mahasiswa di era sebelumnya. Think globally, but act locally. 

Berdasarakan filosofi Confusius, 
I hear and i forget
I see and i remember
I do and i understand

Generasi Z adalah mereka yang lahir di tahun 1995-2012. Tumbuh di lingkungan yang serba digital membuat generasi ini tumbuh menjadi pribadi dengan karakteristik yang beragam, baik dari sisi hubungan interpersonal maupun akademis.

Kegagalan akan terjadi apabila kita berhenti mencoba. Orang sukses selalu kelebihan satu cara. Orang gagal kelebihan satu alasan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 1 BToPH 2023

PENTINGNYA DONOR DARAH DAN PERAN D4 ANALIS KESEHATAN UNUSA DALAM MEWUJUDKANNYA

POST NEWS PRA BToPH 2 2023