Resume Materi Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

Apakah masih ada Indonesia 2045?
Negara bisa bubar kapanpun, oleh karena itu perlu memiliki pondasi. Indonesia tetap kokoh karena ada pancasila. 

Bagimana menghadapi Indonesia emas? Ada modalnya, yakni memiliki bonus demografi dengan jumlah warga dengan usia produktif (15-64 tahun). Bonus itu akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif. 

Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi ini juga cukup besar. Salah satunya adalah masuknya paham radikalisme dan ideologi anti Pancasila di Indonesia.

Yang harus dilakukan adalah menggali kembali makna nilai-nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia Emas 2045. 

Selain itu, pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham paham radikalisme. 

Pada hakikatnya, Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Pembangunan nasional adalah untuk manusia Indonesia.

Apa kedudukan pancasila dalam pembangunan nasional? Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam identifikasi diri sebagai bangsa dan landasan pembangunan nasional.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 1 BToPH 2023

PENTINGNYA DONOR DARAH DAN PERAN D4 ANALIS KESEHATAN UNUSA DALAM MEWUJUDKANNYA

POST NEWS PRA BToPH 2 2023