RESUME MATERI III : INDONESIA EMAS

 Materi "Indonesia Emas" dipaparkan oleh ibu Dian Satyani Saminarsih yang merupakan Founder dan CEO dari CISDI, organisasi nonprofit yang bertujuan memajukan pembangunan sektor kesehatan. 

Ibu Dian Satyani Saminarsih menyebutkan satu kutipan singkat "Equality doesn't mean equity" yang berarti persamaan bukan berarti keadilan. Kutipan ini saya rasa cukup dalam karena keadilan masih belum rata di Indonesia.


Istilah keadilan dan kesetaraan mungkin serupa, tapi tak sama. Mengapa begitu? Setara berarti semua orang punya peluang yang sama, sedangkan keadilan baru bisa didapat ketika pihak yang memiliki sumber daya dan peluang lebih tinggi bisa diberikan pada yang di bawahnya. Contohnya orang yang kurang mampu.

Di Indonesia, apabila kita ingin mewujudkan Indonesia Emas yang direncanakan terjadi pada tahun 2045, hal soal keadilan di atas kesetaraan harus terjadi. 

Namun, saat ini masih saja terjadi kesenjangan sosial. Misal, di daerah kota-kota besar banyak ditemukan pemukiman kumuh berbanding terbalik dengan apartemen mewah. Fasilitas listrik yang bisa didapatkan 24 jam nonstop kebanyakan hanya ada di wilayah Pulau Jawa, sedangkan di wilayah lain masih jarang sekali. Hal ini cukup disayangkan karena kematian Ibu hamil yang akan melahirkan cukup tinggi, disebabkan karena pasokan listrik tidak memadai.


Mengingat opini menteri keuangan Sri Mulyani, ada 4 syarat agar terwujudnya Indonesia Emas tahun 2045 yaitu kualitas manusia, ketersediaan inftastruktur, kualitas kelembagaan dan kebijakan pemerintah. 

Saya harap, cita-cita menjadi Indonesia Emas tercapai. Bagimanapun juga, di tempat kita lahir, bagaimana bisa tidak ada keinginan untuk menjadi lebih maju?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 1 BToPH 2023

PENTINGNYA DONOR DARAH DAN PERAN D4 ANALIS KESEHATAN UNUSA DALAM MEWUJUDKANNYA

POST NEWS PRA BToPH 2 2023