RESUME MATERI II : MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

 Materi dipaparkan oleh Prof. Kacung Marijan, seorang wakil rektor I Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya beserta Naufal Ilham Saputra, finalis mahasiswa berprestasi nasional 2023 dengan tema "UNUSA dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka".

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) memiliki visi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkemuka dan unggul di ASEAN, berjiwa wirausaha serta berjati diri islami. Untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul, UNUSA telah membuktikannya dengan dijalinnya kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pertukaran mahasiswa merdeka (IISMA dan UBL), Indosat, Bangkit, MSIB, Digital Academy dan masih banyak lagi. 



Dari prograam kampus merdeka, terdapat dasar pengembangan karakter melalui kegiatan kurikulum yang terbagi menjadi 5 bagian. Diantaranya :

1. MK Agama 

2. MK Aswaja

3. MK Kewirausahaan

4. Pancasila

5, Kewarganegaraan

Mahasiswa UNUSA perlu memiliki sifat PERFECT. Apa itu?

P : Professional

E : Entepreneur

R : Rahmatan Lil 'Alamin

F : Focus

E : Empowering

C : Creative

T : Talented

Bagimana mahasiswa bisa tetap kompetitif dalam pasar kerja yang terus berubah? Dengan learning skills, literacy skillls, dan life skills. Kurikulum UNUSA yang berbasis KKNI dan DBE jenjang pendidikan sarjana dan diploma empat mengacu pada jenjang 6 KKNI. Kegiatan kemahasiswaan dapat berupa penalaran, pengembangan leadership, pengembangan minat bakat, serta pengembangan bidang kesejahteraan.

Menurut saya, mahasiswa bisa tetap melakukan apa yang biasa mereka lakukan, tanpa perlu keluar dari zona nyaman. Apalagi terutama bagi mahasiswa yang berkepribadian introvert. Namun, tidak keluar bukan berarti diam di tempat, zona nyaman perlu diperluas.

Baca juga UNUSA Dalam Implementasi Merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 1 BToPH 2023

PENTINGNYA DONOR DARAH DAN PERAN D4 ANALIS KESEHATAN UNUSA DALAM MEWUJUDKANNYA

POST NEWS PRA BToPH 2 2023