Resume mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

Materi disampaikan oleh KH. Reza Ahmad Zahid - Pengasuh Ponpes Lirboyo,
Kediri Wakil Ketua PWNU Jatim dan Rektor IAI Tribakti Kediri
Pengertian Ahlus Sunnah wal Jama'ah
Sunnah secara bahasa adalah suatu jalan walaupun tidak diridhai. Sunnah secara Syara' adalab jalan yang diridhai Allah yang ditempuh dalam agama, yaitu yang ditempuh oleh Rasulullah Saw. dan yang lainnya yang faham terhadap agama, dari kalangan para ulama.

Jamaah adalah sekelompok orang yan berkumpul dan bersatu di atas kebenaran yang didasarkan al-Quran dan Hadits, dan mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang setia mengikuti mereka (tab'in) walaupun jumlah mereka sedikit.

Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah golongan yang berpegang teguh dengan al-Quran dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalambmemahami dan mengamalkan Islam. Termasuk dalam golongan mereka para sahabat rasul, tab'in, tab'it, tab'im.

Pengertian Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan terbentuk pada 160 Rajab 1344/31 Januari 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren, pendirinya adalah KH. Hasyim Asy'ari beserta para kyai yang lainnya seperti KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansuri, KH. Ridwan Abdullah, KH. Mas Alwi Abdul Aziz, dan lain sebagainya.

Visi dan Misi NU
Visi : Menjadi penyedia informasi ke-NU-an dan keislaman yang menyejukkan dan terpecaya
Misi : Membentuk pribadi muslim Ahlussunnah Wal Jama'ah yang beriman dan bertaqwa, membentuk generasi yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,  serta membentuk pribadi berkarakter dan berakhlaqul karimah.

Secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebagai sebuah madzhab yang dalam berakidab mengikuti salah satu dari dua imam : Al-Asy'ari dan Al-Maturidu (Bukhara'); dalam ubudiyah mengikuti salah satu imam empat (Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali), dan dalam bidang tasawuf mengikuti salah satu dari dua imam Al-Jumaidi atau Al-Ghazali.

Empat dasar prinsip nahdlatul ulama
• Tawassuth / moderat (pengambilan jalan tengah)
• Tasamuh / toleransi (menghargai perbedaan)
• I'tidal / adil dan tegak lurus
• Tawazun / keseimbangan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 1 BToPH 2023

PENTINGNYA DONOR DARAH DAN PERAN D4 ANALIS KESEHATAN UNUSA DALAM MEWUJUDKANNYA

POST NEWS PRA BToPH 2 2023